Loading...
Kamis, 05 April 2018

Kisah Orang Sholeh : tawasul dg seorang wali yg tidak di kenal

 

Dari Abi Abdillah Ahmad bin Yahya Al jala' beliau berkata aku mendengar ayahku bercerita : 

Ketika itu Aku tengah berada di majelisnya syekh ma'ruf maka masuklah seorang laki laki , dia berkata di hadapan kami : wahai aba Mahfudz aku mengalami suatu ke ajaiban malam ini ! 
Syekh ma'ruf pun berkata : cerita kanlah seperti apa itu semoga Allah merahmatimu ! 

Tadi siang keluarga ku sangat menginginkan makan ikan , maka aku pun pergi ke pasar lalu aku membeli ikan yg banyak untuk mereka , dan aku pun menyewa seseorang yg membantuku membawakan ikan ikan tsb maka berjalanlah kami berdua . 

Hingga di tengah perjalanan terdengar suara adzan Dzuhur maka pembawa ikan ku itu berkata pada ku : wahai Paman , tidakkah hendaknya kita solat lebih dahulu ? , ucapannya itu sangat membangunkan ku dari kelalalain ku , ya aku juga solat terlebih dahulu , jawab ku padanya ... 

Lalu ia meletakan ikan ikan dan nampan di tempat istirahat  , aku melihat dia terus menerus solat hinga di kumandangkannya iqomah , lalu kami pun solat berjamaah , selesai solat aku pun melihat nya menunaikan solat solat sunnah   . 

Setelah menunaikan solat kami pun melanjutkan perjalanan ketika baru saja sampai ke rumah ku ,
 aku menceritakan tentang kebaikan seseorang pembawa ikan ikan ku ini , maka keluargaku pun memintaku agar ia mengajak laki laki itu agar makan bersama dari olahan ikan ini , ia pun menjawab : aku tengah berpuasa , kalau begitu bukalah nanti di tempat kami ujarku ... Lalu ia pun menerima tawaran ku , dan berkata : tunjukan aku jalan menuju masjid sekitar ini , maka ia pun pergi ke masjid dan duduk di dalamnya hingga waktu magrib dan berbukalah ia . 

Aku mempunyai 3 rumah berderetan , satu untuk ku dan keluargaku , satu aku persiapkan khusus untuk seorang anak yg semenjak lahir ia mengidap kelumpuhan hingga sekarang ia telah berumur 20 tahun lebih dan satu untuk tamu ku dan laki laki pembawa ikan itu sebagai tamuku maka aku singgahkan di rumah tsb . 

Di akhir malam , tiba tiba ada seseorang mengetuk pintu rumah ku , siapa yg mengetuk pintu ? Aku bertanya .. , aku fulanah ( anak yg lumpuh tsb ) ? 
Fulanah adalah seseorang yg lumpuh tidak bisa bergerak apa apa ... Bagaimana mungkin ia bisa berjalan kemari dan mengetuk pintu ? 
Ia berkata lagi : ia aku ini orang nya benar , sungguh , bukalah pintu kalian ... 
Maka aku pun membuka pintu dan memang ternyata ia lah yg di depan pintu ,  seseorang yg selama ini mengalami kelumpuhan sejak lahir . 

Aku pun bertanya padanya : bagaimana bisa ? 
Maka ia menjawab : aku mendengar bahwa kita kedatangan tamu seseorang yg shalih , maka tergerak dalam hatiku untuk bertawasul dg nya kepada Allah ... Maka subhanallah tiba tiba aku bisa berdiri tegak dan aku berada dalam sehat wal afiyah sebagaimana yg kalian lihat sekarang . 

Maka aku pun pergi ke laki laki pembawa ikan ikan ku tsb dan aku mencarinya di dalam rumah tapi rumah dalam keadaan kosong tiada satu orang pun di dalamnya dan pintu pun masih terkunci sebagaimana awal nya . 

Di ambil dari kitab : 

صفة الصفوة ص ٥٠٢ باب ذكر المصطفين من عباد البغداد المجهولي الأسماء 
طبعة : دار الكتاب العربي

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP