Loading...
Minggu, 01 April 2018

Kisah Orang Sholeh : awal mula ilmu nahwu

 

التبيان في علوم القرآن للإمام الصابوني ص ١٧٧ ط المواهب الإسلامية .

Pada zaman Khalifah sayyidina Umar datang seorang Arab Badui (suku pedalaman ) ke Madinah Al Munawaroh dan ia berkata pada orang orang ketika itu : siapa yang mau membacakan apa yg di turunkan kepada Muhammad ? 

Kemudian di bacakan lah oleh seseorang surat Al baroah ( at Taubah) : 

اَنَّ اللّٰهَ بَرِىْۤءٌ مِّنَ الْمُشْرِكِيْنَ وَرَسُوْلُهٗ‌ؕ .  

Sesungguhnya Allah dan rasulnya berlepas diri dari orang orang musyrik 

akan tetapi dia membacanya dengan mengkasroh kan kata " رَسُوْلِهِ  sedangkan yg benar adalah dg mendlomahkan nya maka artinya nya pun sesuai dengan arti di atas akan tetapi ia salah besar membacanya dg kasroh  maka orang Badui itu pun berkata : 

Benarkah Allah telah berlepas diri atas rasulnya ? 
Jika ia Allah berlepas diri dari rasulnya maka aku pun berlepas diri atas rasulnya , maka orang orang kaget atas apa yg di ucapkan orang Badui itu dan sampai perkataan nya kepada sayyidina Umar ,

Maka sayyidina Umar pun memanggil nya : 

Wahai a'robi ... apakah engkau berlepas diri dari Rasulullah ? 

maka ia berkata : wahai Amirul mu'miniin aku datang ke Madinah dan aku tidak mengetahui tentang Al-Quran , maka aku menanyakan kepada siapa yg bisa membacakan padaku Alquran , maka laki laki ini membacakan padaku ayat tsb ... Maka aku pun mengikuti apa yg ia bacakan padaku .

kemudian sayyidina Umar berkata : bukan seperti ini ayat tsb wahai a'robi ... lalu bagaimana ayat tsb wahai Amirul mu'miniin ?  Ayat tsb seperti ini : 

اَنَّ اللّٰهَ بَرِىْۤءٌ مِّنَ الْمُشْرِكِيْنَ وَرَسُوْلُهٗ‌ؕ .  

Sesungguhnya Allah dan rasulnya berlepas diri dari orang orang musyrik

lalu a'robi itu berkata : sekarang aku berlepas diri dari orang orang musyrik karena Allah dan rasul-nya berlepas diri dari mereka . 

maka sayyidina Umar pun berkata : jangan ada yg membacakan Alquran pada orang lain kecuali ia faham akan ilmu bahasa arab , maka beliau menyuruh Aswad untuk membuat ilmu nahwu . 

التبيان في علوم القرآن للإمام الصابوني ص ١٧٧ ط المواهب الإسلامية .

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP