Loading...
Minggu, 01 April 2018

Kisah Orang Sholeh : Subhanallah ... Sampai derajat seperti ini kah  menghormati tamu ..


Di kisahkan bahwa seseorang laki laki mempunyai tamu tamu yg sangat ia muliakan , seorang laki laki itu mempunyai anak yg jarang terlihat di rumah , anak tsb jika siang membantu orang orang dan membuat senang mereka dan jika waktu sore ia naik ke atas atap .

sore itu ketika ayah nya menjamu para tamunya ,  seperti biasa ia naik keatas atap , namun sore itu ia jatuh lalu wafat seketika itu juga . 

Ketika ayahnya tahu akan hal tsb , ia berkata pada istrinya : jangan kau berteriak dan menangis histeris sampai waktu pagi tiba , jika tidak , aku talak engkau dg talak tiga ! 

Dan ketika malam tiba tamu nya berkata padanya : di mana anakmu ? Ia pun menjawab : dia sudah tidur . 

Dan ketika waktu pagi dan mereka para tamu hendak pamit , si ayah berkata pada mereka : maukah kalian untuk mensolati anak ku terlebih dahulu ? Karena sesungguhnya di waktu sore kemarin dia jatuh dari atap dan wafat seketika itu juga . 

Lalu mereka pun berkata : kenapa tidak engkau beritahu kami kemarin  , ketika kami menanyakan perihal anakmu ? 
Ia pun menjawab : 

" tidak layak bagi seseorang yg berakal untuk memperkeruh keadaan tamunya , dan menganggu tamunya dg suatu hal " 

Maka mereka pun ta'jub akan kesabaran nya dan akhlak yg sangat mulia yg ada padanya , mereka pun mensolati anak nya , dan ikut memakamkannya dan tidak ada satu pun dari mereka melainkan menangis ketika itu . 

Di ambil dari kitab : 

دليل السائلين لشيخ أنس إسمائيل أبو داود ص ٤٢١ باب الضيف و الضيافة ، طبعة مكتبة الملك الوطنية . ١٤١٦

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP