Loading...
Minggu, 29 Juli 2018

PENGERTIAN ORANG SHOLEH



★ PERTANYAAN:
Siapakah yang dimaksud dengan orang-orang sholeh?

★ JAWABAN:
Orang-orang sholeh atau sholihin adalah orang yang memberikan hak-hak Alloh SWT, seperti melaksanakan sholat dengan baik, menjalankan puasa dengan baik, dsb. Dan juga memberikan hak-hak terhadap para hamba-Nya, seperti berbuat baik kepada sesama, mengucapkan salam apabila bertemu, dan hak-hak yang lain.

📚 REFERENSI:
Kitab Mirqotu Shu'udit Tashdiq syarah Sullamut Taufiq halaman 60:

(وَالصَّالِحِيْنَ) جَمْعُ صَالِحٍ وَهُوَ الْقَائِمُ بِحُقُوْقِ اللّٰهِ تَعَالٰى وَحُقُوْقِ عِبَادِهِ وَمَحَبَّتُهُمْ هِيَ الْمَيْلُ إِلَيْهِمْ وَلَا تَكُوْنُ إِلَّا بِالسُّلُوْكِ عَلٰى طَرِيْقِهِمُ الَّتِيْ هِيَ سَبِيْلُ اللّٰهِ تَعَالٰى اُدْعُ إِلٰى سَبِيْلِ رَبِّكَ كَذَا فِيْ مِفْتَاحِ فَلَاحِ الْمُبْتَدِئِيْنَ.
Artinya:
Lafadz الصَّالِحِيْنَ adalah bentuk jamak dari lafadz صَالِحٌ. Yang dimaksud orang sholeh adalah orang yang memberikan hak-haknya Alloh SWT dan juga hak-hak para hamba-Nya. Dan mencintai mereka (orang-orang sholeh) adalah kecondongan hati kepada mereka. Dan mencintai mereka itu tiada cara lain kecuali dengan melakukan suluk (ibadah lahir batin) berdasarkan thoriqoh (tata cara berkeagamaan) mereka. Yang mana jalannya beliau-beliau itu adalah jalan menuju Alloh Ta'ala. Sebagaimana firman Alloh: "Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu." (QS. An-Nahl : 125). Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam kitab Miftaahu Falahil Mubtadi'in

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP