Loading...
Minggu, 29 Juli 2018

KELUARNYA DABBAH




█ BENTUK DABBAH █
Dabbah yaitu sebangsa hewan yang juga disebut Sahab, kakinya empat, mempunyai dua sayap dan bulu, kepalanya seperti sapi, mempunyai dua tanduk, matanya seperti mata babi (celeng), telinganya seperti telinga gajah, dadanya seperti macan kumbang, tubuhnya seperti macan tutul, dia membawa tongkat Nabi Musa dan cincin Nabi Sulaiman, tingginya 60 dziro’, bisa berbicara seperti manusia, orang yang lari disambar oleh Dabbah pasti tertangkap.

Dalam hadits riwayat dari Ibnu Zubair, dikatakan: "Kepalanya seperti kepala lembu jantan, kedua matanya bagaikan mata babi, telinganya seperti telinga gajah, tanduknya seperti tanduk kambing hutan, lehernya seperti leher unta, dadanya seperti dada harimau, warnanya seperti warna harimau, tulang rusuknya seperti tulang rusuk kucing, ekornya seperti ekor kambing, berdirinya seperti berdirinya unta dan ruas tulangnya yang satu dengan yang lain berjarak 12 dziro'."

Sedangkan dalam hadits dari Ali bin Abi Tholib ra. Rosululloh SAW. bersabda: “Sesungguhnya makhluk Dabbah ini berbulu dan kepalanya juga berbulu halus, tapak kakinya berbentuk kuda, tidak berekor, baginya terdapat jenggot dan sesungguhnya ia keluar seperti bentuk kuda yang bagus dan larinya kencang." _Dan dari Abu Huroiroh ra. ia berkata: _“Sesungguhnya Dabbah ini bermacam-macam warnanya dan di antara kedua tanduknya terdapat tempat duduk penunggang.”

█ YANG DIPERBUAT OLEH DABBAH █

Yang diperbuat oleh Dabbah yaitu memberi cap (tanda) pada wajah manusia, yang beriman dicap mukmin sehingga bersinar wajahnya, sedang orang yang kafir dicap kafir hingga hangus (hitam) wajahnya, dalam memberi cap tidak akan keliru dan cap tersebut tidak akan hilang sampai datangnya hari kiamat.

█ WAKTU DAN TEMPAT KELUARNYA DABBAH █

Dalam suatu riwayat diceritakan: Keluarnya Dabbah besok bertepatan pada saat Nabi Isa AS. sedang thowaf di Ka'bah Baitulloh, tapi menurut banyak riwayat dan kecondongan pendapat para ulama, keluarnya Dabbah adalah setelah pintu taubat tertutup. Dabbah keluar dari jurang Tihamah yang bersebelahan dengan dua pal hijau, disitu bumi bergetar hingga akhirnya terbelah, lalu dari dalam bumi keluarlah Dabbah (Sahab) sebagaimana firman Alloh SWT. dalam surat An-Naml ayat 82:

وَإِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَابَّةً مِنَ الْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ النَّاسَ كَانُوْا بِآيَاتِنَا لَا يُوْقِنُوْنَ. (النمل : ٨٢)
Artinya:
"Dan apabila perkataan (ketentuan masa kehancuran alam) telah berlaku atas mereka, Kami keluarkan binatang melata dari bumi yang akan bekata kepada mereka bahwa manusia itu dahulu tidak yakin  kepada ayat-ayat Kami.” (QS. An-Naml : 82)

 📚 REFERENSI:
Kitab Fafirru Ilalloh karya Syeh Mundzir Nadzir

Sumber : Post grup WA Rencang Ngopi PP SBS - Author : Shofwatur Rohman

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP