Loading...
Senin, 24 Desember 2018

SUARA DENGUNGAN TELINGA (NGING)



★ PERTANYAAN:
Banyak yang beranggapan bahwa suara nging pada telinga itu merupakan isyarat bahwa kita sedang digunjing, ada pula yang mengartikan akan mendapatkan musibah. Dalam hal ini sebenarnya apakah sebab musababnya telinga bersuara nging?

★ JAWABAN:
Sesunguhnya suara nging itu adalah isyarat bahwa Rosululloh Saw sedang menyebut namanya (orang yang telinganya nging) dengan suatu hal yang baik dalam sebuah perkumpulan yang mulia di alam arwah, dan hendaknya bagi orang itu membaca sholawat dan berdoa sebagia berikut:

ذَكَرَ اللّٰهُ مَنْ ذَكَرَنِيْ بِخَيْرٍ
Artinya:
“Semoga Alloh menyebut (dengan rahmat kepada) orang yang menyebutku dengan kebaikan.”

★ REFERENSI:
📚 Kitab As-Sirojul Munir (اَلسِّرَاجُ الْمُنِيْرِ) juz 1 halaman 156:

قَالَ ﷺ: إِذَا طَنَّتْ أُذُنُ أَحَدِكُمْ فَلْيَذْكُرْنِيْ وَلْيُصَلِّ عَلَيَّ وَلْيَقُلْ ذَكَرَ اللّٰهُ مَنْ ذَكَرَنِيْ بِخَيْرٍ. قَالَ الْمُنَاوِيُّ فَإِنَّ الْأُذُنَ إِنَّمَا تَطُنُّ لِمَا وَرَدَ عَلَى الرُّوْحِ مِنَ الْخَبَرِ الْخَيْرِ وَهُوَ أَنَّ الْمُصْطَفٰى ﷺ قَدْ ذَكَرَ ذٰلِكَ الْإِنْسَانَ بِخَيْرٍ فِي الْمَلَإِ الْأَعْلٰى فِيْ عَالَمِ الْأَرْوَاحِ.
Artinya:
Nabi Muhammad ﷺ bersabda: "Jika telinga salah seorang dari kalian berdengung (nging), maka hendaknya dia mengingat aku (Nabi Muhammad ﷺ) dan membaca sholawat kepadaku, serta mengucapkan: ذَكَرَ اللّٰهُ مَنْ ذَكَرَنِيْ بِخَيْرٍ (Semoga Alloh menyebut (dengan rahmat kepada) orang yang menyebutku dengan kebaikan)." Imam al-Munawiy berkata: “Sesungguhnya telinga itu hanya mendengung ketika datang kabar baik kepada ruh, yaitu bahwa sesungguhnya nabi Muhammad ﷺ benar-benar telah menyebut orang itu dengan kebaikan dalam suatu perkumpulan yang mulia di alam arwah.”

Sumber : Post grup WA Rencang Ngopi PP SBS - Author : Shofwatur Rohman

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP