Loading...
Rabu, 19 Desember 2018

MELUASNYA BELUK (ASAP)

gambar : id-vision.net

Beluk dalam bahasa Arab disebut Dukhon (asap), peristiwa ini terjadi setelah keluarnya Dabbah dan termasuk salah satu Alamat Kubro, asap tersebut keluar dari telinga dan dubur orang-orang kafir. Pada saat meluasnya asap nanti, orang-orang kafir bagaikan orang mabuk, orang mukmin seperti orang sakit flu (pilek) atau salesma, peristiwa ini berlangsung selama 40 hari dan akhirnya hilang dengan sendirinya. Alloh SWT berfirman:

فَارْتَقِبْ يَوْمَ تَأْتِ السَّمَاءُ بِدُخَانٍ مُبِيْنٍ ٠١۝ يَغْشَى النَّاسَ ۗ  هٰذَا عَذَابٌ عَلِيْمٌ ١١۝ رَبَّنَا اكْشِفْ عَنَّا الْعَذَابَ إِنَّا مُؤْمِنُوْنَ ٢١۝ (الدخان: ١٠-١٢)
Artinya:
"Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata yang meliputi manusia. Inilah adzab yang pedih. (Mereka berkata): "Ya Tuhan kami, lenyapkanlah dari kami adzab ini, sesungguhnya kami akan beriman." (QS. Ad-Dukhon : 10-12)

Dalam sebuah hadits yang dikeluarkan Ibnu Jarir dengan sanad dari Abi Malik Al-Asy'ariy ia berkata, Rosululloh SAW. bersabda:

إِنَّ رَبَّكُمْ أَنْذِرُكُمْ ثَلَاثًا: الدُّخَانُ يَأْخُذُ الْمُؤْمِنَ كَالزِّكْمَةِ وَيَأْخُذُ الْكَافِرَ حَتّٰى يَخْرُجَ مِنْ كُلِّ سَمْعٍ مِنْهُ وَالثَّانِيَةُ الدَّابَّةُ وَالثَّالِثَةُ الدَّجَّالُ. (رواه الطبراني)
Artinya:
"Sesungguhnya Tuhanmu telah memperingatkan kamu terhadap tiga perkara: Asap (Dukhon) yang membuat orang beriman seperti halnya kena penyakit salesma dan juga membuat orang kafir sehingga asap tersebut keluar dari setiap pendengarannya (telinganya), kedua: (datangnya) makhluk Dabbah dan ketiga: Dajjal." (HR. Thobroni)

📚 REFERENSI:
Kitab Fafirru Ilalloh karya Syeh Mundzir Nadzir

Sumber : Post grup WA Rencang Ngopi PP SBS - Author : Shofwatur Rohman

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP