Loading...
Selasa, 01 Januari 2019

TALBINA (makanan yang biasanya dinikmati oleh Rosulullah dan para Sahabat)



Talbina adalah makanan yang biasanya dinikmati oleh Rosulullah dan para Sahabat. Beliau juga menyuruh keluarga beliau untuk memakan talbina saat waktu berduka dan di waktu kesulitan. Baginda Nabi berkata bahwa talbina melembutkan hati dan menghilangkan kesedihan serta kedukaan dan menghibur orang yang sedang kehilangan keluarga /kerabat yang dicintai.

Talbina terbuat dari campuran tepung barley ( tepung jelai / semacam jenis gandum namun berbeda ) dan susu hangat. Madu dan kurma bisa ditambahkan untuk memberi rasa manis.

Tepung barley, madu,susu merupakan makanan makanan yang sunnah dan memiliki khasiat masing masing. Talbina mengkombinasi 3 bahan tersebut untuk menghasilkan makanan yang luar biasa. Manfaat dari kesehatan bisa menurunkan kolestrol dan menyehatkan hati/liver , melindungi dari kanker, alzheimer dan depresi, mengontrol kadar gula darah, Diabetes Mellitus tipe 2, serta hipertensi
Semua tanpa efek samping.

Cara membuat

Bahan:

1. 100% Tepung barley

2. Susu Cair

3. Air

4. Madu


*LANGKAH 1*. Masukkan 1-2 sendok tepung barley ke 1 - 2 cangkir berisi air atau susu (saya lebih suka setengah air dan setengah susu)

*LANGKAH 2* Aduk perlahan selama 15 menit di kompor dengan api kecil  sampai konsistensi nya seperti bubur.

*LANGKAH 3*  Bisa ditambah dengan madu untuk memaniskannya sesuai selera

Tips:


Bila tidak ada barley di toko terdekat anda, bisa dengan membeli biji barley dan digiling hingga seperti tepung , bisa juga menggunakan penggiling biji kopi jika ingin hasil yang baik.

Ingat bahwa tepung barley biasanya digunakan untuk menebalkan, jadi dia akan sedikit menebal jika dimasak. Jangan terlalu lama ditinggalkan diatas kompor atau hasilnya menjadi adonan yang keras dan kental ! Jika sudah terlanjur, bisa ditambahkan air atau susu lagi dan aduk ulang dengan api kecil.

Di daerah saya tepatnya di aceh kami punya tradisi yang mengikuti sunnah ini, namun disini disebut bubur atau kue apam . Ada yang konsistensi nya lembut seperti bubur ada juga yang tebal seperti pancake. Bubur atau kue ini tidak menggunakan tepung barley tetapi tepung beras dan gula merah. Makanan ini biasanya hanya akan dibuat oleh orang orang kampung jika ada musibah atau wafatnya seseorang. Biasa dimasak di rumah duka ataupun diantarkan ke meunasah (mushola) di kampung kampung.

Wallahu'alam.

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP