Loading...
Minggu, 10 Desember 2017

Rindu Rasulullah SAW kepada Umatnya

*bin Tholib, Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas al Ahgaff

Saat berkumpul bersama sahabatnya, Rasulullah  s.a.w bersabda,
“Wahai Abu Bakar, aku begitu rindu hendak bertemu dengan ikhwanku (saudara-saudaraku).”

Suasana di majelis itu hening sejenak. Semua yang hadir diam seolah sedang memikirkan sesuatu. Lebih-lebih lagi Sayidina Abu Bakar. Itulah pertama kali beliau mendengar orang yang sangat dikasihinya melontarkan pengakuan demikian.

“Apakah maksudmu berkata demikian, wahai Rasulullah? Bukankah kami ini saudara-saudaramu?” Abu Bakar bertanya melepaskan gumpalan teka-teki yang mulai memenuhi pikiran.

“Tidak, wahai Abu Bakar. Kamu semua adalah sahabat-sahabatku tetapi bukan saudara-saudaraku.” suara Rasulullah s.a.w bernada rendah.

“Kami juga saudaramu, wahai Rasulullah.” kata seorang sahabat yang lain pula.

Rasulullah s.a.w menggelengkan kepalanya perlahan sambil tersenyum.

Kemudian Baginda bersabda, 
“Saudara-saudaraku adalah mereka yang belum pernah melihatku tetapi mereka beriman denganku dan mereka mencintai aku melebihi anak dan orang tua mereka. Mereka itu adalah saudara-saudaraku dan mereka bersama denganku. Beruntunglah mereka yang melihatku dan beriman kepadaku. Beruntung pula mereka yang beriman kepadaku sedangkan mereka tidak pernah melihatku.” (HR. Muslim)

Lihatlah betapa kasih dan cinta Rasulullah s.a.w untuk umatnya. Walaupun Rasulullah s.a.w tidak pernah bertemu dengan kita, namun cinta dan kasihnya kepada kita tidak pernah pudar.

Renungkanlah wahai saudaraku! Rasulullah merindui umatnya yang belum pernah beliau lihat. Beliau ungkapkan cinta beliau itu kepada sahabat-sahabatnya. Akankah kita tidak senang dengan ungkapan rindu dan kasih beliau ini?

Lalu bagaimana dengan kita sendiri? Sudahkah kita menjadi saudara-saudara (ikhwan) Rasulullah s.a.w? 

Akankah kita biarkan cinta dan kerinduan itu bertepuk sebelah tangan, tidak memperoleh sambutan yang layak dari kita?

Malu rasanya jika kita membandingkan kecintaan kita kepada Rasulullah s.a.w dengan kecintaan beliau kepada kita, umatnya.

Setiap muslim tentu mengekspresikan cintanya kepada Nabi Muhammad s.a.w dengan cara yang berbeda-beda. Namun seringkali terkadang kita mengeluh kenapa rasa cinta itu belum juga tumbuh atau tidak terpatri dalam hati kita? 

Jawabanya adalah engkau belum terlalu mengenal nabimu! Bagaimana engkau akan cinta sedang kau jarang membaca bagaimana perjalanan hidup beliau; bagaimana pengorbanan yang beliau lakukan untuk kita sebagai umat yang beliau cintai.

Mari dengan datangnya bulan kelahiranya ini kita menambah kecintaan kita dengan memperbanyak shalawat dan salam untuknya. Semakin sering kita membaca sirah beliau maka kita akan semakin rindu dan cinta kepada beliau. 

Tak ada yang kita miliki selain berusaha untuk mencintai beliau dan mengamalkan sunnah yang beliau ajarkan kepada kita.

Cobalah pejamkan matamu, lalu bersholawat dan salam atas beliau dengan penuh kerinduan seakan-akan beliau ada di depanmu. Maka kau akan rasakan hatimu begitu rindu dengan beliau.

Jadi marilah kita saling merangkul dan menasehati dalam kebaikan karena kita adalah umatnya Rasulullah s.a.w. 

۞اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا 
مُحَمَّدٍ۞ ❝0

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP