Loading...
Selasa, 05 Desember 2017

PENERAPAN KETERAMPILAN INTERNET UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON-AKADEMIK MAHASISWA FPP UNDIP


Oleh  Muhammad Lukman Hakim (23010115130219)

Berbagai tuntutan akademik yang harus ditanggung mahasiswa FPP Undip dalam perkuliahan seperti tugas, laporan dan skripsi, sehingga perlu adanya keterampilan yang harus dimiliki mahasiswa guna dapat mengerjakan tuntutan tersebut khususnya keterampilan internet. Hasanah (2006) berpendapat bahwa di era digital sekarang ini, pengerjaan tugas akademik sangat dipermudah dengan adanya perkembangan internet dan teknologi digital. Hanum (2014) menambahkan bahwa fenomena ini memunculkan sumber referensi ilmiah yang tersedia dalam bentuk digital dan bisa diakses untuk mendapatkan jutaan bahkan milyaran sumber informasi yang berguna untuk mengerjakan skripsi maupun tugas lainnya.
Mata kuliah keterampilan internet mengajarkan mahasiswa bagaimana cara memanfaatkan teknologi digital tersebut untuk mempermudah dalam mengerjakan tugas guna meningkatkan prestasi akademik. Beberapa keterampilan yang diajarkan pada mata kuliah keterampilam internet  adalah cara penggunaan aplikasi Mendeley (reference manager) dan Dropbox (cloud storage). Aplikasi mendeley berguna untuk membuat sitasi dan daftar pustaka secara otomatis. Arief dan Handoko (2016) menambahkan bahwa mendeley berfungsi sebagai library yang disertai dengan kemampuan sebagai pengolah daftar pustaka dalam penyusunan karya tulis ilmiah. Dropbox merupakan salah satu aplikasi penyedia cloud storage. Yulistyanti (2016) mengatakan bahwa Dropbox merupakan sistem penyimpanan berjaringan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi data serta berkas dengan pengguna lain di internet menggunakan sinkronisasi data. Pemanfaatan aplikasi mendeley dan dropbox pada dunia perkuliahan membuat mahasiswa semakin mudah dan cepat dalam mengerjakan tugas laporan maupun skripsi sehingga akan meningkatkan prestasi akademiknya. Menurut Setiyani (2010) semakin banyak sumber belajar yang dimiliki mahasiswa, maka akan membantu  proses kelancaran belajarnya sehingga mempercepat masa studi dan meningkatkan prestasi akademik mahasiswa.
Mata kuliah keterampilan internet tidak hanya berperan dalam peningkatan prestasi akademik melainkan prestasi non akademik seperti berjualan online (online shop). Menurut Arwiedya dan Sugiarto (2011) menjamurnya online shop membuka peluang usaha di internet yang banyak membidik remaja sebagai konsumenya. Beberapa keterampilan yang diajarkan pada mata kuliah keterampilam internet adalah cara penggunaan situs online shop (bukalapak, tokopedia, lazada, shope) dan penggunaan aplikasi OBS (Open Broadcaster Software) untuk membuat video iklan dalam proses pemasaran produk secara online serta pembuatan blog perusahaan/toko yang berisi tentang company profile perusahaan/toko serta produk-produk yang ditawarkan pada perusahaan/toko online shop.

DAFTAR PUSTAKA


Arief, I., dan Handoko, H. 2016. Mengelola Referensi Publikasi Ilmiah. Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Universitas Andalas, Padang.

Arwiedya, M. R., dan Sugiarto, S. 2011. Analisis Pengaruh Harga, Jenis Media Promosi, Resiko Kinerja, dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang. (Skripsi).

Hanum, A. N. L., dan Prajarto, N. 2014. Pengaruh informasi publikasi tesis terhadap citra portal repositori di kalangan Mahasiswa Yogyakarta. Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. (Disertasi).

Hasanah, N. 2006. Implementasi perpustakaan digital di Institut Teknologi Bandung. Jurnal Pustakawan Indonesia. 6(1):11-21.

Setiyani, R. 2010. Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Dinamika Pendidikan. 5(2):117-133.


Yulistyanti, D. 2016. Kajian penerimaan aplikasi dropbox dalam pekerjaan kelompok siswa: studi kasus SMK Setia Negara Depok. Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer. 7(1):15-28.
Hasil gambar untuk logo undip

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP