Oleh
Muhammad Lukman Hakim (23010115130219)
Berbagai tuntutan akademik yang harus ditanggung
mahasiswa FPP Undip dalam perkuliahan seperti tugas, laporan dan skripsi,
sehingga perlu adanya keterampilan yang harus dimiliki mahasiswa guna dapat mengerjakan
tuntutan tersebut khususnya keterampilan internet. Hasanah (2006) berpendapat
bahwa di era digital sekarang ini, pengerjaan tugas akademik sangat dipermudah
dengan adanya perkembangan internet dan teknologi digital. Hanum (2014)
menambahkan bahwa fenomena ini memunculkan sumber referensi ilmiah yang
tersedia dalam bentuk digital dan bisa diakses untuk mendapatkan jutaan bahkan
milyaran sumber informasi yang berguna untuk mengerjakan skripsi maupun tugas lainnya.
Mata kuliah keterampilan internet mengajarkan
mahasiswa bagaimana cara memanfaatkan teknologi digital tersebut untuk
mempermudah dalam mengerjakan tugas guna meningkatkan prestasi akademik.
Beberapa keterampilan yang diajarkan pada mata kuliah keterampilam
internet adalah cara penggunaan aplikasi
Mendeley (reference manager) dan
Dropbox (cloud storage). Aplikasi
mendeley berguna untuk membuat sitasi dan daftar pustaka secara otomatis. Arief
dan Handoko (2016) menambahkan bahwa mendeley berfungsi sebagai library yang disertai dengan kemampuan
sebagai pengolah daftar pustaka dalam penyusunan karya tulis ilmiah. Dropbox
merupakan salah satu aplikasi penyedia cloud
storage. Yulistyanti (2016) mengatakan bahwa Dropbox merupakan sistem
penyimpanan berjaringan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi
data serta berkas dengan pengguna lain di internet menggunakan sinkronisasi data.
Pemanfaatan aplikasi mendeley dan dropbox pada dunia perkuliahan membuat
mahasiswa semakin mudah dan cepat dalam mengerjakan tugas laporan maupun
skripsi sehingga akan meningkatkan prestasi akademiknya. Menurut Setiyani
(2010) semakin banyak sumber belajar yang dimiliki mahasiswa, maka akan
membantu proses kelancaran belajarnya
sehingga mempercepat masa studi dan meningkatkan prestasi akademik mahasiswa.
Mata kuliah keterampilan internet tidak hanya
berperan dalam peningkatan prestasi akademik melainkan prestasi non akademik
seperti berjualan online (online shop).
Menurut Arwiedya dan Sugiarto
(2011) menjamurnya online shop
membuka peluang usaha di internet yang banyak membidik remaja sebagai
konsumenya. Beberapa keterampilan yang diajarkan pada mata kuliah keterampilam
internet adalah cara penggunaan situs online
shop (bukalapak, tokopedia, lazada, shope) dan penggunaan aplikasi OBS (Open Broadcaster Software) untuk membuat
video iklan dalam proses pemasaran produk secara online serta pembuatan blog
perusahaan/toko yang berisi tentang company profile perusahaan/toko serta
produk-produk yang ditawarkan pada perusahaan/toko online shop.
DAFTAR
PUSTAKA
Arief, I., dan Handoko, H. 2016. Mengelola Referensi
Publikasi Ilmiah. Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
(LPTIK) Universitas Andalas, Padang.
Arwiedya, M. R., dan Sugiarto, S. 2011. Analisis Pengaruh
Harga, Jenis Media Promosi, Resiko Kinerja, dan Keragaman Produk Terhadap
Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. Fakultas Ekonomi Universitas
Diponegoro, Semarang. (Skripsi).
Hanum, A. N. L.,
dan Prajarto, N. 2014. Pengaruh informasi publikasi tesis terhadap citra portal
repositori di kalangan Mahasiswa Yogyakarta. Fakultas Psikologi Universitas
Gajah Mada, Yogyakarta. (Disertasi).
Hasanah, N. 2006. Implementasi perpustakaan digital di
Institut Teknologi Bandung. Jurnal
Pustakawan Indonesia. 6(1):11-21.
Setiyani, R.
2010. Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Dinamika Pendidikan.
5(2):117-133.
Yulistyanti, D. 2016. Kajian penerimaan aplikasi dropbox
dalam pekerjaan kelompok siswa: studi kasus SMK Setia Negara Depok. Jurnal
Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer. 7(1):15-28.
0 komentar:
Posting Komentar