Loading...
Minggu, 24 Februari 2019

RAHASIA AMALAN HAFALAN AL-QUR'AN

[ RESUME KAJIAN ]
.
📚 Kajian Sobat Qur'an
📆 Rabu, 13 Februari 2019
.
RAHASIA AMALAN HAFALAN AL-QUR'AN
Oleh Syekh Ali Jaber
.
Banyak waktu kita yang terbuang sia-sia. Andaikan umur kita 60 tahun, maka ada 15 tahun kita yang belum baligh (tidak dihitung), 20 tahun kita untuk tidur (8 jam per hari), dan 20 tahun untuk bekerja (8 jam per hari).
.
Jika sisa waktu yang ada itu benar-benar kita gunakan untuk ibadah, artinya ibadah kita hanya 5 tahun (60 - 15 - 20 - 20 = 5). Dan jika setiap sholat kita membutuhkan waktu 5 menit, maka dengan usia kita 60 tahun kita hanya sholat 2 tahun 7 bulan. Sangat sedikit sekali sholat kita. Padahal sholat adalah kunci. Jika sholat kita betul, maka aktivitas kita hari itu akan betul. Jika sholat kita rusak, maka aktivitas kita hari itu akan rusak.
.
Rasulullah menyatakan, "Manusia yang baik adalah yang panjang umur, banyak amal kebaikannya. Sedangkan manusia yang jelek adalah yang panjang umur, banyak perbuatan jahatnya."
.
Tiga hal yang jika dikorbankan maka Allah akan membuka rahasia terhadap hal tersebut. Misalnya jika kita ingin tahu rahasia menghafal Al-Qur'an, maka yang harus kita lakukan adalah menunjukkan keseriusan kita kepada Allah.
1. Habiskan TENAGA untuk Al-Qur'an
2. Habiskan UANG untuk Al-Qur'an
3. Habiskan WAKTU untuk Al-Qur'an
.
Bagaimana supaya hati kita terdorong untuk menghafal Al-Qur'an? Baca hadits dan cerita-cerita tentang para penghafal Al-Qur'an, cari tahu keutamaan para penghafal Al-Qur'an, bergaul dengan para penghafal Al-Qur'an, dan sering berdoa kepada Allah disertai dengan bersedekah (terutama di waktu Subuh).
.
Tips Menghafal Al-Qur'an
Dari @syekh.alijaber
1. Fokus melihat ayat sambil pelan-pelan membaca, jangan hanya fokus membaca
2. Ulangi beberapa kali sambil memejamkan mata
3. Jika ayatnya sudah terbayang ketika memejamkan mata maka ayat tersebut sudah mulai menempel dalam ingatan
4. Ulangi terus langkah tersebut dan perbaiki jika ada hafalan yang keliru
5. Jika sering melakukan ini, insya Allah dalam hitungan detik saja kita bisa menghafalkan 1 ayat. Dan dalam hitungan menit kita bisa menghafal 1 lembar Al-Qur'an
.
📝 Diresume oleh BMA
.
#infokajiansemarang #kajiansemarang#resumekajiansemarang

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP