Loading...
Rabu, 07 Desember 2016

Biokimia Nutrisi

       Atp singkatan dari (1) adenosine triphosphate yang merupakan (2) zat yang paling bertanggung jawab dalam perpindahan energi intraseluler. Sintesis atp dijumpai dibagian dari sel yang disebut (3) mitokhondria yaitu dengan bahan bakar utama (4) Glukosa dan (5) Asam lemak.

       Pada hewan monogastrik karbohidrat diserap dalam bentuk senyawa yang mengandung 6 karbon yaitu (6) glukosa yang mempunyai rumus kimia (7) C6H12O6. Senyawa kimia ini dalam pembuluh darah akan masuk ke dacalam sel dengan bantuan  hormon (8)  insulin   dan didalam sitosol satu mole heksosa ini akan menglami perubahan yang disebut proses (9) glikolisis menghasilkan (10) 2 mol asam piruvat dalam proses ini dibutuhkan (11) 2 mole atp  dan dihasilkan (12) 4 mole atp., sehingga dengan demikian maka per mole heksosa ini dihasilkan neto (13) 2 mol atp. Dalam mitokondria selanjutnya mengalami proses (14)  oksidasi piruvat  dimana setiap molnya akan menghasilkan (15) 15 mol atp. Dengan demikian maka dalam proses pembentukan energi ini dikenal sebagai siklus krebs atau dikenal sebagai siklus tca yang merupakan singkatan dari (17) tricarboxylic acid. Sementara itu jika bahan baku berasal dari misalnya asam glutamat maka akan dihasilkan (18)                23 mole atp dan jika berasal dari asam palmitat (19) 129 mol atp.

       Pada ternak ruminansia proses fermentasi pakan dalam rumen dan retikulum akan menghasilkan asam lemak volatile yang terutama terdiri dari (20) asam asetat (21)asam propionat  (22) asam butirat. asam asetat menghasilkan (23) 10 mol atp, asam propionat menghasilkan (24) 17 mol atp. Dan asam butirat menghasilkan (25)  25 mol atp. Diantara ketiga asam lemak volatil tersebut bersifat glukogenik adalah (26)asam propionat , sedangkan yang bersifat thermogenik adalah (27 asam asetat. energi yang dihasilkan tersebut digunakan untuk membiayai proses metabolisme yang terdiri dari (28) katabolisme  dan (29) anabolisme             P. Dalam hal penggunaan energi maka atp mempunyai peranan dalam proses non biosintetik misalnya adalah (30) produksi panas, pergerakan (motilitas), pengangkutan nutrien.
 
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP