Loading...
Sabtu, 05 September 2015

Saya Seorang Entelemi

Saya seorang entelemi, mungkin bagi anda yang tidak tahu akan entelemi pasti akan bertanya-tanya apa itu entelemi. Tapi bagi seorang sarjana pertenakan universitas diponegoro pasti tahu akan kata ini. Aku sendiri juga kurang tahu artinya, tapi yang pasti itu bukanlah sekedar kata tak bermakna. Entelemi adalah sebuah penyatu hubungan antara kami sesama peternak. Lagu entelemi sendiri memang tidak begitu saya hafal, tapi saya memahami makna dibalik lagu itu dan saya bangga akan lagu itu.

Sarjana peternakan memang bukan se WOW jurusan lainnya, atau se koprol fakultas lainnya tapi bagi ane peternakan bukan lagi jurusan juru kunci bukan lagi hanya jurusan pelengkap sebuah universitas. Dahulu memang saya setengah hati masuk jurusan peternakan, saya lebih menyukai sebuah tantangan seperti yang ada di jurusan teknik atau lainnya. Akan tetapi, sekarang saya sudah mengerti jika jalan seseorang memang berbeda-beda, ada yang akan menjadi engineer atau seorang scientist dan juga seorang doctor bahkan seorang peternak seperti saya.

Seorang entelemi bukanlah orang yang biasa, mereka bukan hanya orang-orang yang tersesat meskipun awalnya begitu. Akan tetapi mereka sekarang sudah merasakan bahwa mereka adalah seorang entelemi. Sekarang saya sudah mengakui kalau seorang entelemi seorang yang bermental baja, mereka harus tahan dengan perkataan orang-orang yang menganggap remeh jurusan mereka. Mereka harus menjawab semua pertanyaan bernada sama " kenapa masuk peternakan?".

Peternakan termasuk jurusan yang termasuk jurusan dengan ilmu terapan, jurusan ini bukanlah jurusan yang hanya mengandalkan hitam di atas putih akan tetapi gerakan secara langsung di masyarakat. Seorang entelemi bisa mempelajari biokimia dari anak tekim dan biologi, bisa mempelajari fisika dari anak fsm, mempelajari pembuatan kandang dari anak arsitek, belajar bahasa dari anak sastra, ekonomi dari anak ekonomi dan mempelajari tik dari anak teknik informatika.

Saya memang bukanlah dari jurusan yang WOW, tapi saya akan berusaha membuat WOW orang-orang disekitar saya. Dengan memakan makan-makanan yang bergizi, seorang dokter dapat mengobati dan melakukan operasi dengan baik. Seorang insinyur dapat membangun gedung-gedung yang tinggi dengan meminum susu dari kami. Kami bukanlah jurusan yang ada di garis depan pertumbuhan dan perkembangan industri negara kita, akan tetapi kami akan membantu sebisanya dengan bantuan gizi dan makanan sehat yang kami hasilkan. Kami memang tidak ada saat penandatanganan kontrak bernilai milyaran kami memang tidak terlihat saat peresmian gedung-gedung bertingkat, kami memang tidak ada ketika seorang dokter berhasil mengoperasi seorang pasien. Kami memang tidak terlihat, tetapi kami ada.

Memang kami tidak memakai kemeja wangi, celana disetrika, sepatu licin dan parfum yang wangi saat bekerja. Tetapi bekerja dengan sepatu boot, wearpack dan ember ditangan. Akan tetapi kami bekerja dengan hati yang tulus serta rasa bahagia untuk dapat menghasilkan sesuatu. Saya seorang entelemi dan saya bangga akan itu



Sumber : http://mohammadjantra.blogspot.co.id/2012/12/saya-seorang-entelemi.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP